Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Air Conditioner Pt Inara Kreasi Utama di Kota Bekasi

Authors

  • Alpaz Dimas Pratama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Arman Syah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi Pemasaran, Kualitatif, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran Air Conditioner di PT Inara kreasi Utama Kota Bekasi, serta untuk mengetahui tangtangan ekternal dan internal Perusahaan tersebut. Penelitian ini berlokasi di Kavling Ajun Jl. Seruni 1 Blok S No. 5 Rt 011 / Rw 003 Kaliabang Tengah Bekasi utara, Kota Bekasi. Objek pada penelitian ini adalah PT Inara Kreasi Utama, sedangkan yang menjadi informan adalah Pemilik, General manajer, dan manajer pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan tiga cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam metode kualitatif menggunakan teknik pengambilan data wawancara mendalam berdasarkan indikator 7P (product, price, place, people, physical evidence, dan process). Pada diagram SWOT strategi S dan T terletak pada kuadran II, sehingga strategi yang dapat diterapkan untuk dapat meningkatkan penjualan berdasarkan strategi diversifikasi ialah dengan melakukan inovasi terbaru, memberikan pelayanan yang terbaik, dan menetapkan produk yang berkualitas.

References

Atmoko, & Temoteus , P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta . Journal of indonesian Tourism, Hospitality and recreation 1.2, 33-96.

Ayuni, Rossa, & Serli, P. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Donken Cafe Bengkulu . Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE) 1.4, 495-489.

Cherismardani, & Yustiana . (2014 : 179-189). Komunikasi Pemasaran terpadu implementasi untuk UMKM . Neo-Bis 8.2.

DI, K., & MENENGAH , U. (t.thn.). Pengembangan jaringan usaha mikro kecil dan menengah.

Dj, & Yunni, R. (2017). Penerapan Strategi Segmentasi Pasar Dan Positioning Produk dengan Pendekatan Analisis SWOT Untuk Peningkatan Penjualan Pada UD Surya Gemilang Motor Di Surabaya . Jurnal Ekbis 17.1, 13 halaman .

Farrestika , & Indah , N. (2017). Analisis Pengembangan Produk Pada D'besto Pekanbaru . Diss Universitas Islam riau .

Hambali , Daimun , & Novia, N. (2017). Kesatuan Berbahasa Indonesia Sekolah Dasar Negeri 06 Kota Bengkulu . Jurnal PGSD, Jurnal ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10.1, 11-17.

Hidayat , & Nur . (t.thn.). Pengaruh Diferensiasi Produk Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Top Coffe Pada Outlet Pelanggan PT Tedak Karya Putra Di kecamatan Lumajang . 2018.

Indrastuti , & Sri. (2020). Manajemen Sumberdaya Manusia Stratejik.

kereh , feibel, altje, L., Tumbel, & Sjendry , S. L. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Yamaha Mio Pada PT hasjrat Abadi Outlet Yamaha sam Ratulagi . Jurnal EMBA Jurnal Riset Ekonomi Manjemen Bisnis dan Akuntansi 6.2.

Kuspriyono , T. (2018). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta . Cakrawala jurnal Humaniora 18.1, 59-66.

Lestari , Delia , Triana , & Widya, A. (2021). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Citizenship Behavior CV Mulya Pasir Nusantara .

Nugroho , & Agung . (2019). Pengaruh Kesempatan Pengembangan Karir Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Indonesia Simon . Diss Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi-Bisnis Universitas Widyatama .

Nugroho , Muhamad , A. S., & Istriana . (2022). Strategi Pemasaran PT Sanghiang Perkasa Dalam Meningkatkan Penjualan Produk . Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia 2.3 , 731-753.

Permatasari , & Marlina, R. S. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Untruk Mengatasi Persaingan (Studi Kasus PT Kimia Farma Jakarta) . Cakrawala Junal Humaniora 17.1.

Priadana , M, S., & Denok , S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif . Pascal Books .

Rahmadani , & Novianti , P. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjulan Produk Hijab (Studi Kasus Toko Hijab anis Modiste Tirto). Sahmiya Jurnal Ekonomi Dan Bisnis , 89-96.

Saktisyahputra , & Saktisyahputra . (2019). Pemanfaatana Website WWW. Pulokambing.Com Sebagai Media Rumah Kreatif Bersatu Nusantara (RKBN) Pulokambing Dalam Pemberdayaan Masyarakat . Jurnal Komunitas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1.2, 9-15.

Setiawan , Zunan, & et al. (2024). Buku Ajar Perilaku Konsumen PT . Sonpedia Publishing Indonesia .

Siagian , & Dergibson . (2000). Metode Statistika Untuk Bisnis Dan Ekonomi . Gramedia Pustaka Utama .

Supanto , & Fajar. (2019). Manajemen Strategi Organisasi Publik Dan Private .

Wijaya , & David . (2022). Pemasaran Jasa Pendidikan . Bumi Aksara .

Downloads

Published

2024-08-11

How to Cite

Pratama, A. D., & Syah, A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Air Conditioner Pt Inara Kreasi Utama di Kota Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22493–22499. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/42912