Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Impulse Buying Konsumen Minimarket Bhakti Karya I Jalan Abdul Wahab Kota Depok

Authors

  • Suciah Suciah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Rini Dianti Fauzi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Impulse Buying

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap impulse buying Konsumen Minimarket Bhakti Karya I Jalan Abdul Wahab Kota Depok. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Rao Purba dan diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap impulse buying dengan nilai koefisien determinasi sebesar 34,4% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,026 > 1,986). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying dengan nilai koefisien determinasi sebesar 46,5% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (9,037 > 1,986). Store atmosphere dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying dengan persamaan regresi Y = 5,361 + 0,311X1 + 0,426X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 53% sedangkan sisanya sebesar 47% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (52,541 > 2,700).

References

Ali, H. (2017). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan . Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Aprilliani, Siti dan Meryati, Ani. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer Motor Honda Cabang Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma Universitas Pamulang, 2(1), 9-18.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta .

Dharmamesta dan Handoko. (2020). Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

George R. Terry. (2017). Asas-asas Manajemen (Vol. ketujuh). Bandung: PT. Alumni.

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21PLS Regresi. Semarang: Universitas Dipenogoro.

Habibah Bilqis Maharani & Tri Sudarwanto. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Dan Keanekaragaman Produk Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada TOP Bangunan). BIMA Journal Of Business and Innovation Management, 3(3), 313-326. E-ISSN 2745-4290.

Jelita Virliana Sandra, Widiya Dewi Anjaningrum. (2021). Pengaruh Suasana Toko Dan Diskon Terhadap Pembelian Impulsif Pada Matahari Departement Store Pasar Besar Malang. JPRO, 2(2), E-ISSN : 2775-5967.

Jenni Anggraeni, Patricia Dhiana Paramita, M Mukery Warso. (2016). Pengaruh Keanekaragaman Produk, Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Di Butik Cassanova Semarang. Journal Of Management, 2(2).

Kotler Philip dan Amstrong Gary. (2017). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Armstrong, N. (2017). Prinsip-Prinsip Pemasaran. (B. Sabran, Trans.) Jakarta: Erlangga.

Laksana, F. (2017). Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Levy dan Weitz. (2017).Store Atmosphere Jilid I. Jakarta:Erlangga

Lovelock C., Wirtz J., dan Mussry J.. 2014. Pemasaran Jasa Perspektif Indonesia Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Mayrine Aulia Faustin, Muslichah Erma Widiana, Enny Istanti. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Pelayanan Dan Atmosfer Toko Terhadap Pembelian Impulsif Di Jungkir Balik Eat & Coffee Sidoarjo. Jurnal ISSN (Online), 1(2), 2774-7212.

Meigie Putri Dalihade, James D. D Massie, Maria V. J Tielung. (2017). Pengaruh Potongan Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Departement Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, 5(3), 3538-3549, ISSN 2303-1174.

Mowen, JC dan Minor. (2017). Perilaku Konsumen Jilid 2 Ed 5. Erlangga: Jakarta.

Mowen, John C., dan Michael S. Minor. (2017). Consumer Behavior (A Framework), New Jersey: Prentice Hall

Muji Astutik, Fachrudy Asj’ari, Ferry Hariawan. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Store Environment Terhadap Impulse Buying Pada Depot Dapur M’Riah Sidoarjo. Journal of Sustainability Business Research, 1(1), ISSN : 2746 – 8607.

Ni Putu Ayu Lindasari, Anak Agung Putu Agung, Ni Putu Nita Anggraini. (2021). Pengaruh Merchandising, Atmosfer Toko Dan Promosi Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Pelanggan Alfamart Di Denpasar). EMAS, 2(2). E-ISSN : 2774-3020.

Novtari Widia Saputri & Merta Kusuma. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Toko Mayola Shop Mega Mall Kota Bengkulu). Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis (JMMIB), 1(2), e - ISSN 2723-424X.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2017). Manajemen Pemasaran (Ketiga Belas ed., Vol. 2). (B. S. MM, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.

Tengku Putri Lindung Bulan, Muhammad Rizal, Tri Widianti.(2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Toko Makmur Swalayan Di Kota Langsa. Niagawan, 8(1), e-ISSN : 2579-8014.

Terry, G. R. (2017). Prinsip-Prinsip Manajemen. Bandung: Bumi Aksara.

Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran (2 ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2017). Pemasaran Strategik (3 ed.). Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI).

Utami, Christina Whidya. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Widodo, Sugeng. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Ahad Mart Cinere. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(3), 1-13.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Suciah, S., & Fauzi, R. D. (2024). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Impulse Buying Konsumen Minimarket Bhakti Karya I Jalan Abdul Wahab Kota Depok. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22602–22611. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/43062