Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Fisik Sport Bintaro Jaya Xchange Mall
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Loyalitas KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Fisik Sport Bintaro Jaya Xchange Mall Jenis penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantitatif, pengambilan sampel mengunakan rumus sampel dan diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden,dengan uji asumsi klasik, uji regresi,uji korelasi, uji determinasi ,uji hipotesis dan uji F. Hasil penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen dengan persamaan regesi Y = 25,632 + 0,282X1 Uji hipotesis di peroleh nilai t hitung > t tabel atau ( 3,791 > 1,664 ). Hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen denga persamaan regresi Y = 21,331 + 0,399X2 Uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau ( 4,917 > 1,664 ). Hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H2) diterima Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan terhadap loyalitas konsumen, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas konsumen dengan persamaan regresi berganda Y = 19,024 + 0,153X1 + 0,317X2 Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau ( 14,408 > 3,11) Dengan demikian H0 ditolak dan H3 di terima.Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Fisik Sport Bintaro Jaya Xchange Mall secara simultan.
References
Adabi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Di Witel Telkom Depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32–39.
Assauri, S. (2017). Manajemen Operasi dan Produksi . Jakarta: PTRajagrafindo Persada.
Dr. Andyan Pradipta Utama, S. E. M. M. P. A. (n.d.). Manajemen pemasaran konsep dasar dan ruang lingkup.
Drs. Danang Sunyoto, S. H. S. E. M. M. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus).
Fakultas Ekonomi Uniat, 4(1), 175-182. Joko Bagio Santoso, J. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun).
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program dengan Program SPSS, Edisi Ketujuh.Semarang. Penerbit Universitas Dipenogoro.
Ghozali. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hasibuan, D. H. (Edisi Revisi 2019). Manajemen Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hidayat, T., Handayani, I., & Ikasari, I. H. (2019). Statistika Dasar. Banyumas: CV. Pena Persada.
Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB)
Imran, I., & Amelia, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen Studi Kasus Sanjai Rina Kota Payakumbuh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(2), 473-483.
Kamisa, N., Putri, A. D., & Novita, D. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen (Studi kasus:Pengguna Shopee di Bandar Lampung). Journals of Economics andBusiness, 2(1), 21-29.
Kotler, P. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi Tiga Belas Bahasa Indonesia Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong G. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1. Edisi Ke 9. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. & Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. England: Pearson Education Limited.
Nainggolan, H., Hastuti, D., Hendriyani, C., Hernando, R., Dulame, I. M., Afriyadi, H., Sari, F. P., & Wijaya, B. K. (2023). Manajemen Pemasaran (Implementasi Manajemen Pemasaran pada Masa Revolusi Industri 4.0 menuju era Society 5.0).
Noer, A. R., Kusnadi, E., & Praja, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Situbondo Sport Center Futsal Kabupaten Situbondo Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(1), 154-170.
Nuridin, S. E., & Imanda, N. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dankepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Fashion Pada Online Shop Yellow Facy Jeans Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3).
Ristya Widi Endah Yani, A. T. W. H. K. H. H. S. D. E. A. A. M. (2021). Buku Ajar Praktek Kerja Lapang Manajemen Pelayanan Kesehatan (PKL MPK). UPT Penerbitan & Percetakan Universitas Jember.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV Alfabeta.
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan pembelian: sebagai variable mediasi hubungan kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67-86.
Tjiptono, F. dan Gregorius Chandra. (2016). Service, Quality & Satisfaction edisi 3 ,Yogyakarta: Andi.
Triandewo, M. A., & Yustine, Y. (2020). Pengaruh kualitas layanan, citra Perusahaan dan kepercayaan pada loyalitas konsumen. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 22(1),13-24.
Zahrah, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Grab Di Banjarmasin (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.