Pengaruh Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Rico Frozen Food Ciledug Kota Tangerang
Keywords:
Promosi, Lokasi, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Lokasi terhadap keputusan Pembelian pada Toko Rico Frozen food Ciledug Kota Tangerang. Baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3.190. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability/random. Sampling menggunakan proses seleksi acak (random sampling/ probability) dan memberikan setiap anggota populasi kesempatan yang sama untuk diambil sebagai sampel dan diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan persamaan regresi Y = 27,161+0,373X1, nilai koefisien korelasi sebesar 0,567 artinya kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang sedang dengan koefisien determinasi sebesar 32,2% dan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau (6,716 >1,985). Lokasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan persamaan regresi Y = 31,177+0,263X2, nilai koefisien korelasi sebesar 0,705 artinya kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan koefisien determinasi sebesar 49,6% dan uji hipotesis di peroleh thitung > ttabel atau (9,677 > 1,985). Promosi (X1) dan Lokasi (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan persamaan regresi sebesar Y = 15,331+0,177X1+0,475X2, nilai koefisien korelasi 0,741artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan koefisien determinasi 45,1% sedangkan sisanya sebesar 45,1% di se babkan oleh faktor lain. Uji hipotesis fhitung > ftabel atau (57,143 > 3,09) dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara Promosi dan Lokasi terhadap keputusan pembelian pada Toko Rico Frozen food Ciledug Kota Tangerang.
References
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada
Abubakar, R.(2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Alfabeta
Alma, Buchori. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Debby Cynthia, H. H. (2022). pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. urnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik, 104-112.
Dewi Ratnasari, S. H. (2020). Pengaruh Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Mie Korea (Survei pada Pengunjung Kedai Mie Korea). jurnal bisnisman, 31-34.
Ela Hulasoh, R. (2022). Pengaruh Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. TADBIR PERADABAN, 2-6.
Ghozali. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip
Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS, 61-72.
Handoko, T. H. 2016. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (edisi 2). BPFE. Yogyakarta.
Hasibuan, H. Malayu S. P. 2016. Manajemen Dasar. Pengertian dan Masalah. Bumi Aksara. Jakarta.
Heny Herawati, M. s. (2019). PENGARUH PROMOSI DAN DESAIN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SARIAYU PUTIH LANGSAT. urnal Ekonomi dan BisnisVol. 2 No. 1, 17-35.
Iis Noviyanti, D. S. (2021). engaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. ournal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 43-54.
James A.F Stoner. 2017. Manajemen Organisasi. Erlangga. Jakarta.
Kasmir. (2016). Kewirausahaan. In Ke-7. Jakarta: RajaGrafindo.
Kotler & Amstrong. (2017). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi Kedua.belas. jilid satu. Jakarta: Erlangga.
Kotler (2019) Manajemen Pemasaran”. Edisi Keempat Belas, Jakarta: PT. Indeks
Kotler, Philip and Lane Keller. 2017. Marketing Manajement, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.
Mardiasih, T. S. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR. Jurnal umaha, 2622-6367.
Novita Anggraini, Q. B. (2020). ENGARUH PROMOSI, HARGA, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK PRODUK RABBANI DIPALEMBANG. Jurnal Neraca, 26-40.
Rini ardista, A. w. (2020). ANALISIS PENGARUH HARGA, LOKASI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Manajemen dan Akuntansi , 1-13.
Rissa Mustika Sari1, P. (2021). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEY PELANGGAN PRODUK SPREI RISE). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 1171-1184.
Robbins, Stephen P. dan Mary Coulter. 2016. Manajemen. Ed 10, Erlangga, Jakarta.
Setiadi (2019) Prilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta: kencana
Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Supriyadi. (2016) Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Publisher
Thamrin, A., & Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Tjiptono., Fandy & Gregorius Chandra . (2017). Service Quality Satisfiation.Edisi tiga., jakarta: Andi.
Walangitan, S. G. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 35-43.
Wardana, W. (2017). Strategi Pemasaran(1st ed.). CV Budi Utama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.