Pengaruh Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Apartemen pada PT. Triniti Land
Keywords:
Lokasi, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Pada PT. Triniti Land. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik probability sampling. Menurut Sugiyono (2017:122), Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan batas kesalahan yang ditorelir sebesar 10% sehingga diperoleh sampel sebanyak 87 responden. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Lokasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 58,0%, dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel (10,838 > 1,988 ) atau signifikasi 0,001 < 0,05. Promosi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 73,9% dan uji hipotesis t hitung > t tabel ( 15,501 > 1,988 ) atau signifikasi 0,001 < 0,05. Lokasi dan Promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y= 3,681 + 0,076 X1 + 0,842 X2. Nilai koefisien determinasinya sebesar 74,0%, sedangkan sisanya sebesar 26,0%, dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (119,669 > 3,101).
References
Aisya, S., Eliza, S., Fatma, F., & Zainuddin, M. A. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Nimshop Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(2), 57-74
Anang Firmansyah dan Budi W. Mahardhika. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Andi Supangat. 2014. Statistik dalam Kajian Deskriptif, Infensi dan Paramatik. Jakarta : Kencana Prenada
Arfiany, A. (2019). Pengaruh Pembagian Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pt. Tiga Saudara Indonusa Makassar. Simak, 17(02), 1-18.
Buchori, B., Novitasari, E., Rinnanik, R., & Wulandari, W. (2022). Faktor Penentu yang Mempengaruhi pada Keputusan Pembeliaan Smartphone: Studi Empiris Kabupaten Lampung Timur. eCo-Buss, 4(3), 689-697.
Daga, Rosnaini. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Sulawesi Selatan: Global Research and Consulting Institute (Global-RCI).
Edriani, D., & Harmelia, H. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Produk Oli Prima XP di Kota Padang). JUSIE (Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi), 4(01), 8-17.
Fayol Henry, 2012. dialih bahasa M Ladzi Safroni, Manajemen Reformasi Pelayanan Publik
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haerulina, H., & Triyunarni, B. R. (2020). Faktor-Faktor Harga, Lokasi Dan Kualitas Bangunan Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah Pada Pt. Anugrah Alam Properti (Studi Kasus Perumahan
Harahap, M. A., Hafizh, M., Syafitri, N., & Putri, R. A. N. (2018). Analisis Kesadaran Masyarakat Kecamatan Tanjung Pura Dalam Membayar Zakat. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 1(1), 265-277.
Hasibuan, Malayu S. P. 2019. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta:Bumi Aksara.
Henry Fayol. Konsep Manajemen Menurut Henry Fayol dan Fungsinya. http://rocketmanajemen.com/manajemen-henry-fayol/, di akses 12 Mei 2017.
Istijanto, M. (2018). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama
Kotler, P. (2016). Principles of Marketing. Pearson Education Limited. Halaman 156.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Managemen and Brand management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Manullang, Marihot dan Manuntun Pakpahan. 2014. Metode Penelitian: Proses Penelitian Praktis. Bandung: Cipta Pustaka Media.
Moloku, S. O., Tampi, J. R., & Walangitan, O. F. (2019). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Di IT Center Manado. Jurnal administrasi bisnis (JAB), 8(2), 98-106.
Muhajirin Asri). Journal of Applied Business and Banking (JABB), 1(1), 1-14.
Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global, Medan: Cipta Rancama Media Pakpahan.
Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global, Medan: Cipta Rancama Media Pakpahan.
Putri, I. D., & Zaman, K. (2024). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja, dan E-Rekruitment terhadap Daya Tarik Perusahaan bagi Pelamar Kerja (Studi pada Generasi Z di Tribuana Global Group). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(1), 449-465
Saragih, E. A., & Pane, S. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Pt. Pos Indonesia Distribution Center Cibinong. Jurnal Manajemen Diversitas, 1(2), 66-117.
Simangunsong, E. S., Karamoy, H., & Pusung, R. J. (2018). Pengaruh struktur modal dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan pada perusahaan konstruksi yang terdaftar di bursa efek indonesia. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(02).
Sopuroh, S., & Tanjung, H. (2023). Pengaruh Bauran Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Dalam Perspektif Islam. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 730-744.
Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanti, N. K. D., Susanti, P. H., & Suputra, G. A. (2021). Pengaruh lokasi, kelengkapan produk, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada alfamart Blahkiuh di Kabupaten Badung. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(1), 144-163.
Susilo, D. K., & Santoso, N. E. (2022). Konfirmatori Gabungan Pemasaran Jasa terhadap Animo Beli pada Program Studi Teknologi Pembelajaran. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 349-361.
Tjiptono Fandy (2020). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi Pemasaran (Edisi 4). Andi, Yogyakarta.
Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy
Wardah, K. (2017). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Return Total Saham pada PT Elnusa Tahun 2009-2015. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 6(2), 36-55.
Zebua, A., Lase, D., Zega, Y., & Baene, E. (2023). Pengaruh perencanaan tenaga pendidik terhadap kinerja pendidik pada Yayasan Budi Bakti Keuskupan Sibolga. Tuhenori: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 38-50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.