Peran Customer Review dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen di Platform E-Commerce

Authors

  • Erina Miftahul Zanah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Enny Savitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Ulasan Pelanganggan; E-commerce; Pengalaman Berbelanja, Pemasaran; Penjualan.

Abstract

Membangun kepercayaan pelanggan di platform e-commerce sangat dipengaruhi oleh ulasan pelanggan. Pembeli sebelumnya memberikan ulasan yang  dapat diandalkan, meningkatkan transparansi, dan mempengaruhi keputusan pembelian. Studi ini melihat bagaimana ulasan positif dan negatif memengaruhi persepsi konsumen terhadap produk dan penjual, serta bagaimana dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Studi ini juga melihat bagaimana pemilik platform dapat menggunakan review pelanggan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja mereka. Hasil menunjukkan bahwa ulasan pelanggan yang akurat dan responsif dapat meningkatkan kepercayaan dan mendorong penjualan, menjadikan ulasan pelanggan sebagai alat pemasaran yang efektif di era internet.

References

Advernesia. (2018, Juli). Cara Uji Reliabilitas SPSS Alpha Cronbach's Data Kuesioner. Advernesia. Retrieved October 21, 2024, from https://www.advernesia.com/blog/spss/cara-uji-reliabilitas-spss-alpha-cronbachs-data-kuesioner/

Permatasari, A., Mapuasari, S. A., Yuliana, E., & Janah, M. (2019, 12). Analisa Peran Customer Online Review dalam Membangun Kepercayaan dan Minat Beli Konsumen pada Produk Perjalanan Wisata Indonesia. Jurnal Manajemen Indonesia, 1, 11. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2411

Raharjo, S. (n.d.). Cara melakukan Uji Validitas Product Moment dengan SPSS. SPSS Indonesia. Retrieved 2014, from https://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-validitas-product-momen-spss.html

Rohman, M. A. (n.d.). Pengertian R tabel beserta pengunaannya untuk uji validitas -. Sekolah Stata. Retrieved 2024, from https://sekolahstata.com/r-tabel/

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Zanah, E. M., & Savitri, E. (2024). Peran Customer Review dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen di Platform E-Commerce. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 475–479. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45144