ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI TUKU DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG
Keywords:
Keputusan Pembelian, Kopi Tuku, Mahasiswa, Word of Mouth, Loyalitas KonsumenAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menelaah berbagai aspek yang berkontribusi terhadap keputusan pembelian Kopi Tuku di kalangan mahasiswa Universitas Pamulang. Metodologi yang diterapkan bersifat kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui survei yang disebarkan secara acak kepada 112 mahasiswa aktif di Universitas Pamulang yang pernah mengonsumsi Kopi Tuku. Temuan penelitian mengidentifikasi empat faktor kunci yang melandasi keputusan pembelian: kemantapan terhadap produk, kebiasaan membeli, kecenderungan memberikan rekomendasi kepada orang lain, dan intensi untuk melakukan pembelian ulang. Pemberian rekomendasi terbukti memberikan dampak terbesar, disusul oleh tingkat kemantapan terhadap produk dan intensi pembelian berulang, yang mengindikasikan kuatnya ikatan konsumen dengan produk. Hasil analisis menekankan signifikansi mutu produk dalam membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen serta kecenderungan mahasiswa untuk berbagi pengalaman positif mereka.
References
Azmi, S. A., & Lidianingsih, W. A. (2024). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan kopi Tuku (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Pamulang). Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1855-1861.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik kopi Indonesia 2022 (Vol. 7).
Kartika, D. A., Muthmainah, N., Heriyani, F., Asnawati, A., & Nursantari, W. (2024). Hubungan konsumsi kopi dengan kualitas tidur pada mahasiswa PSKPS FKIK ULM. Homeostasis, 7(1), 49-56.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip pemasaran (Edisi ke-13, Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principle of Marketing (15th ed., Global Edition).
Nisa, K. (2022). Pengaruh persepsi harga, citra merek, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (Studi produk kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 44-57.
Penora, Y., Fauzi, D., & Dermawan, A. (2022). Perilaku konsumen kopi di Parewa Coffee Shop Kota Padang. JIA (Jurnal Ilmiah Agribisnis): Jurnal Agribisnis dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, 7(5), 182-189.
Siasani, M., Noer, M., & Budiman, C. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam mengkonsumsi kopi instan. Journal of Socio-economics on Tropical Agriculture (Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Tropis) (JOSETA), 5(1).
Suharto. (2016). Pengaruh budaya terhadap keputusan pembelian menggunakan variabel sosial dan pribadi sebagai mediasi produk air minum kemasan. Jurnal Derivatif, 10(1), 26-44.
Tjiptono, F. (2019). Perilaku konsumen: Definisi, domain, determinan. Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen, 103.
Wijaya, K. P. C., & Jaswita, D. I. (2024). Pengaruh word of mouth dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Kohwa Coffee House di Pamulang Tangerang Selatan. Journal of Research and Publication Innovation, 2(4), 1185-1196.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.