Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping

Authors

  • Nindi Puspitasari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Perilaku Konsumen, ECommerce, Keputusan Pembelian Online

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi bagaimana pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk secara online. Adapun faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap keputusan pembelian (variabel dependen) meliputi factor ke budayaan, sosial, kepribadiandan psikologis (variabel independen). Untuk itu, kuesioner diisi oleh tidak kurang dari 100 sampel yang dipilih secara random. Responden menjawab daftar pernyataan-pernyataan berskala likert yang berhubungan dengan variabel yang diteliti. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa faktor kebudayaan, sosial, kepribadian dan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online baik secara simultan maupun secara parsial. Adapun variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian online adalahfaktor sosial.

References

Premana, G. Fitralisma, A. Yulianto, M. B. Zaman, and M. A. Wiryo, “Pemanfaatan

Teknologi Informasi Pada Pertumbuhan Ekonomi Dalam Era Disrupsi 4.0,” J. Econ. Manag., vol. 1,

no. 01, pp. 1–6, 2020.

Roni, Maftukhin, and A. Yulianto, “Dampak Dana Bantuan Sosial Pandemi Covid-19

Terhadap Pemenuhan Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Banjarharjo Kab. Brebes,” J. Ilmu

Manajemen, Ekon. Dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 2, pp. 8–14, 2021.

N. Hanifah and D. R. Rahadi, “ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM

MEMUTUSKAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19

ANALYSIS OF CONSUMER BEHAVIOR IN DECIDING ONLINE PURCHASE DURING THE

COVID-19 PANDEMIC TIME,” vol. 4328, no. November, pp. 112–122, 2020.

I. E. Engka et al., “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sabun

Lifeboy di Kantor PT . Unilever Indonesia,” vol. 2, no. 3, pp. 192–197, 2021.

A. Ayunda and N. Huda, “Journal of Economics and Business Aseanomics,” vol. 3, no. 2, pp.

243– 270, 2018.

Downloads

Published

2024-12-21

How to Cite

Puspitasari, N. (2024). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 1126–1132. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46172