Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping
Keywords:
Perilaku Konsumen, ECommerce, Keputusan Pembelian OnlineAbstract
Penelitian ini menginvestigasi bagaimana pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk secara online. Adapun faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap keputusan pembelian (variabel dependen) meliputi factor ke budayaan, sosial, kepribadiandan psikologis (variabel independen). Untuk itu, kuesioner diisi oleh tidak kurang dari 100 sampel yang dipilih secara random. Responden menjawab daftar pernyataan-pernyataan berskala likert yang berhubungan dengan variabel yang diteliti. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa faktor kebudayaan, sosial, kepribadian dan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online baik secara simultan maupun secara parsial. Adapun variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian online adalahfaktor sosial.
References
Premana, G. Fitralisma, A. Yulianto, M. B. Zaman, and M. A. Wiryo, “Pemanfaatan
Teknologi Informasi Pada Pertumbuhan Ekonomi Dalam Era Disrupsi 4.0,” J. Econ. Manag., vol. 1,
no. 01, pp. 1–6, 2020.
Roni, Maftukhin, and A. Yulianto, “Dampak Dana Bantuan Sosial Pandemi Covid-19
Terhadap Pemenuhan Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Banjarharjo Kab. Brebes,” J. Ilmu
Manajemen, Ekon. Dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 2, pp. 8–14, 2021.
N. Hanifah and D. R. Rahadi, “ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM
MEMUTUSKAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19
ANALYSIS OF CONSUMER BEHAVIOR IN DECIDING ONLINE PURCHASE DURING THE
COVID-19 PANDEMIC TIME,” vol. 4328, no. November, pp. 112–122, 2020.
I. E. Engka et al., “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sabun
Lifeboy di Kantor PT . Unilever Indonesia,” vol. 2, no. 3, pp. 192–197, 2021.
A. Ayunda and N. Huda, “Journal of Economics and Business Aseanomics,” vol. 3, no. 2, pp.
243– 270, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.