Pengaruh Discount dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Brand Papperdine Jeans di Marketplace Shopee

Authors

  • Novi Indriani Universitas Pamulang
  • Mada Faisal Akbar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Diskon, online customer review, keputusan pembelian, perilaku konsumen, pemasaran online

Abstract

Dalam era digital saat ini, industri fashions telah mengalami transformasi yang signifikan, terutama dalam hal perilaku konsumen. Situs penjualan online pilihan yang banyak diminati. Discount dan Online Customer review menjadi faktor kunci dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.  Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh discount dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada Brand Papperdine Jeans di marketplace Shopee. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan probability sampling dengan rumus slovin dari populasi sebesar 20.629 konsumen Brand Papperdine Jeans di Marketplace Shopee selama tahun 2023 sehingga sampel diperoleh sebanyak 100 responden. Data merupakan data primer yang dikumpulkan dengan kuesioner. Data kemudian dianalisa dengan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 26. Hasil Penelitian menunjukkan secara parsia maupun simultan Discount dan online customer review berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

References

Alawiyah, T. (2023). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Pada Event Tanggal Kembar (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 5418-5426.

Hakim, A. F., Rachma, N., & Normaladewi, A. (2023). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen TikTok Shop (Studi Pada Mahasiswa FEB Angkatan 2019 Universitas Islam. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta

Kusumar, M. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Custo mer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike pada Shopee. Konsumen & Konsumsi: Jurnal Manajemen, 2(2), 405-423.

Peter, J. P., & Olson, J.C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat.

Ramadhana, R., & Ratumbuysang, M. F. N. G. (2022). Pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian pada marketplace: Influence of online customer review on purchase decisions on the marketplace. PROSPEK, 1(1), 157-165.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen, Edisi 7. Alih Bahasa: Zoelkifli. Jakarta : Indeks.

Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta : CAPS.

Downloads

Published

2024-08-16

How to Cite

Indriani, N., & Akbar, M. F. (2024). Pengaruh Discount dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Brand Papperdine Jeans di Marketplace Shopee. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22743–22751. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/43128