Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Kentucky Fried Chicken
Keywords:
Analisis Strategi Pemasaran, Kepuasaan Pelanggan, Marketing Mix, SWOT AnalysisAbstract
Strategi pemasaran merupakan alat yang mendasar direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan daya saing yang sustainable melalui pasar yang dimasuki agar meningkatkan kepuasaan pelanggan kentucky fried chicken. Objek dalam penelitian ini adalah Kentucky Fried Chicken yang merupakan restoran cepat saji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan kepuasaan pelanggan marketing mix mencakup 4P yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi). Fokus masalah dalam penelitian ini terkait kendala yang dihadapi, penerapan dan perkembangan kepuasaan pelanggan dengan strategi pemasaran. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari wawancara, serta data sekunder berupa dokumen, jurnal dan sebagainya. Alat analisis yang digunakan yaitu SWOT analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran efektif dalam meningkatkan kepuasaan pelanggan dan melalui SWOT analysis dapat diketahui adanya pilihan strategi untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan.References
Ahmad, M., & dkk. (2019). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product,Place, Promotion) Pada Pt. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri, 79-86.
Buchari, A. (2015). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Dwi Putri , F., & Nov Elhan Gea. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dalam MENINGKATkan Kepuasaan Pelanggan. Jurnal EMBA, 1299-1307.
Fitri , L. N., & Nuril , L. A. (2021). Analisa Strategi Pemasaran Batik Secara Online pada Produsen Batik Warga Muhammadiyah Desa Kenongo Kabupaten Sidoarjo. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 33-42.
Kotler, K. (2016). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Lengkong, S., & Londa, J. (2017). Strategi Public Relations dalam Pemulihan Citra Perusahaan (Studi Kasus Rumah Makan Kawan Baru Megamas Manado). Acta Diurna Komunikasi, 6(1), 1-11.
Rustiana, E. (2016). Analisis Manajemen Strategi Pada Pt . Pln ( Persero ). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12-20.
Siti , H., Bakkareng, & Hosra Afrizoni. (2022). Pengaruh Martketing MIX dan Perilaku konsumen Terhadap Keputusan Pembeli Jasa Percetakan Paberta Jaya Padang. Jurnal Matua, 63-75.
Sukma, A. S., & dkk. (2021). Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Waralaba pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada KFC). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2965-2972.
Yosua, H. K., & dkk. (2021). Analaisis Perbandingan Strategi Promosi, Kualitas Layanan dan Kepuasaan Pelanggan Pada Pengguna Kartu Telkom dan Tri diKecanatan Motoling Timur. Jurnal EMBA, 851-858.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Viosy Erlanda, Desman Andi Gea, Rina Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.