Kualitas Pelayanan Jasa Pada Usaha Mama Laundry di Rempoa Kota Tangerang Selatan
Keywords:
Kualitas pelayanan jasaAbstract
Mutu pelayanan memiliki peran sentral dalam industri jasa, dan strategi terbaik adalah menyajikan pelayanan berkualitas untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, menjaga pelanggan yang sudah ada, menghindari kehilangan pelanggan, dan menciptakan keunggulan unik yang tidak hanya berdasarkan harga. Saat pelanggan merasakan pelayanan sesuai harapan, itu akan menciptakan persepsi positif dan kepuasan. Sukses perusahaan sangat dipengaruhi oleh kemampuannya memenuhi kebahagiaan pelanggan. Perusahaan dalam kerangka sistemnya harus berfokus pada pelanggan sebagai konsumen jasa untuk efisiensi dalam memberikan layanan atau produk berkualitas sesuai harapan pelanggan. Sebaliknya, perusahaan juga harus memastikan kebahagiaan pelanggan internal, yakni karyawan (produsen jasa), guna menghasilkan layanan berkualitas sesuai harapan pelanggan eksternal.References
Eddles-Hirsch, Katrina. 2015. Phenomenology and Educational Research. International Journal of Advanced Research, Vol. 3 Issue 8, Agustus 2015
Gronroos, C.1992. Service Management and Marketing. Lexington Books.Massachusetts, Toronto.
Kotler and Keller. 2017. Marketing Management. 15e Global Edition. Pearson
Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Indeks, Jakarta
McDougall, Gordon H.G and Levesque, Terrence. 2000. Customer Satisfaction with service: putting perceived value into the equation. Journal of Service Marketing Vol.14 No.5: 392-410
Parasuraman, Zeithaml, dan Berry. 1988. SERVQUAL : A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perception of Service Quality. Journal of Retailing. Marketing Science Institute. 1(64): h: 12-40.
Tjiptono (2019). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Penerbit Andi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Apriana Maharani, Dhea Monica, Najla Rofifah, Yusman Yusman, Yuyus Kadarusman, Aprilia Astuti, Yulies Herni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.