Kualitas Pelayanan Jasa Pada Usaha Mama Laundry di Rempoa Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Apriana Maharani Universitas Pamulang
  • Dhea Monica Universitas Pamulang
  • Najla Rofifah Universitas Pamulang
  • Yusman Yusman Universitas Pamulang
  • Yuyus Kadarusman Universitas Pamulang
  • Aprilia Astuti Universitas Pamulang
  • Yulies Herni Universitas Pamulang
  • Zelin Ferdias Capriati Universitas Pamulang

Keywords:

Kualitas pelayanan jasa

Abstract

Mutu pelayanan memiliki peran sentral dalam industri jasa, dan strategi terbaik adalah menyajikan pelayanan berkualitas untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, menjaga pelanggan yang sudah ada, menghindari kehilangan pelanggan, dan menciptakan keunggulan unik yang tidak hanya berdasarkan harga. Saat pelanggan merasakan pelayanan sesuai harapan, itu akan menciptakan persepsi positif dan kepuasan. Sukses perusahaan sangat dipengaruhi oleh kemampuannya memenuhi kebahagiaan pelanggan. Perusahaan dalam kerangka sistemnya harus berfokus pada pelanggan sebagai konsumen jasa untuk efisiensi dalam memberikan layanan atau produk berkualitas sesuai harapan pelanggan. Sebaliknya, perusahaan juga harus memastikan kebahagiaan pelanggan internal, yakni karyawan (produsen jasa), guna menghasilkan layanan berkualitas sesuai harapan pelanggan eksternal.

References

Eddles-Hirsch, Katrina. 2015. Phenomenology and Educational Research. International Journal of Advanced Research, Vol. 3 Issue 8, Agustus 2015

Gronroos, C.1992. Service Management and Marketing. Lexington Books.Massachusetts, Toronto.

Kotler and Keller. 2017. Marketing Management. 15e Global Edition. Pearson

Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Indeks, Jakarta

McDougall, Gordon H.G and Levesque, Terrence. 2000. Customer Satisfaction with service: putting perceived value into the equation. Journal of Service Marketing Vol.14 No.5: 392-410

Parasuraman, Zeithaml, dan Berry. 1988. SERVQUAL : A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perception of Service Quality. Journal of Retailing. Marketing Science Institute. 1(64): h: 12-40.

Tjiptono (2019). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Penerbit Andi

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Maharani, A., Monica, D., Rofifah, N., Yusman, Y., Kadarusman, Y., Astuti, A., … Capriati, Z. F. (2024). Kualitas Pelayanan Jasa Pada Usaha Mama Laundry di Rempoa Kota Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 88–93. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35142