Penyuluhan Pentingnya Kemasan Untuk Meningkatkan Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bojongsari
Keywords:
Kemasan, Pemasaran, UMKMAbstract
Kemasan adalah ujung tombak perusahaan dalam memasarkan produknya. Kesan pertama konsumen pada suatu produk jatuh pada pandangannya terhadap kemasan. Di dunia yang terus berkembang ini, ada banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang memiliki keterbatasan pengetahuan terkait kemasan. Dari permasalahan tersebut dilakukannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Bojongsari, Depok terkait pentingnya kemasan untuk meningkatkan pemasaran dan pengembangan produk UMKM. Kegiatan PKM dilakukan dengan metode ceramah, praktek, dan diskusi. Adapun kesimpulan yang didapatkan yaitu ada masih kurangnya kesadaran peserta terkait pentingnya kemasan dan adanya keterbatasan biaya produksi untuk memiliki kemasan yang baik.References
Anisa, N., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Dimsum Teh Susi Cabang Desa Cibentang Ciseeng Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA). 3(2).
Aprianti, V., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Gelatik Supra Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen. 2(2).
Aprilliani, S., Supriyatna, W., & Solihin, D. (2023). Pelatihan Meningkatkan Jiwa Berwirausaha pada Santri Ponpes Mathla'ul Hidayah Cisauk. DEDIKASI PKM, 4(2), 174-179. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.29747
Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio e-kons, 10(1), 20-27.
Hamdat, A., & Arfah, D. A. M. K. (2020). Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen: Prinsip Dasar, Strategy dan Implementasi. Yogyakarta: CV. Diandra Primamitra Media.
Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan pentingnya label pada kemasan produk dan pajak pada usaha kecil menengah (UKM) Desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi, 1(2).
Muttaqien, F., Cahyaningati, R., Rizki, V. L., & Abrori, I. (2022). Pembukuan Sederhana Bagi UMKM. Indonesia Berdaya, 3(3), 671-680.
Normansya, R., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman pada J&T Express Cabang Taman Tekno Tangerang Selatan. JIMAWA (Jurnal Ilmiah Mahasiswa). 3(1).
Rahmawaty, F., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Faw Coffee Victor Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(1), 69-80. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i1.28926
Solihin, D., & Ahyani, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan serta Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Disrupsi Bisnis 6(4).
Solihin, D., & Kamal, F. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer Tunas Toyota di Cinere Kota Depok. Jurnal Arastirma, 3(1), 206-216. doi:http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.32160
Suhardi, D. (2019). Optimalisasi Keterampilan Pembuatan Kemasan Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Pada Ukm Pembuat Tape Di Desa Cibeureum, Kabupaten Kuningan. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(02).
Sutanto, E., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Netciti Persada Area Alam Sutera Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 2(1), 198-206. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/28993
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nafasya Nurila, Oktaviani Oktaviani, Thania Imelia, Indriani Sukma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.