Analisis Strategi Pemasaran Ikan Cupang Hias Untuk Membangun Minat Beli Melalui Sosial Media Tiktok

Authors

  • Adjuardi Jaffar Sidik Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Miswandra Miswandra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Sachro Sachro Universitas Pamulang
  • Hendro Waryanto Universitas Pamulang
  • Johan Maulana Universitas Pamulang
  • Martono Martono Universitas Pamulang
  • Monang Siahaan Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi Pemasaran, Minat Beli, Komunikasi, Tiktok, Promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Online  (Digital  Marketing)  Guna  Menciptakan Minat Beli Ikan  Hias  Cupang Dewi Betta Fish .  Jenis penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  deskriptif  yang menggunakan pendekatan kualitatif.  Metode  yang  digunakan dalam  pengumpulan  data  adalah  dengan  metode  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Strategi pemasaran online  yang dilakukan Dewi Betta Fish  adalah  menggunakan  media  sosial melalui Titok dan WhatsApp dengan memanfaatkan fitur live streaming tiktok. (2) Peran strategi pemasaran online dalam meningkatkan penjualan ikan hias cupang dan membangun personal branding agar usaha yang dijalankan terus berkembang dan dikenal masyarakat luas. Selain itu penggunaan sosial media juga dapat terus di kembangkan seiring berjalannya waktu dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut sehingga dapat menarik minat  beli konsumen baru.

References

Agnes, Z. Yonatan. Menilik Jumlah Pengguna Media Sosial 2013-2023. (1) https://data.goodstats.id/statistic/menilik-jumlah-pengguna-media-sosial-2013-2023.

Bagaskara, W. G., & Anasrulloh, M. (2023). STRATEGI PEMASARAN ONLINE (DIGITAL MARKETING) GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN HIAS CUPANG DI SUMDE CUPANG TULUNGAGUNG. Jurnal Economina, 2(7), 1653-1665.

Data Pengguna 2024. Statistik Media Sosial Global. https://datareportal.com/social-media-users

Fauzi, S. M., & Wahyuddin, M. I. (2022). Penerapan Rapid Application Development (RAD) Dalam Pengembangan Aplikasi Penjualan Ikan Cupang Hias Berbasis Web. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(2), 751-759.

Pitaloka, Filia Aurel, and Zon Vanel. "Integrated Marketing Communications Lignum Coffee Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan." Jurnal Pustaka Komunikasi 6.2 (2023): 218-231.

Putra, E. Y., Adeline, A., Erika, E., Lestari, M., & Ching, W. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Warung Makan Indramayu Melalui Aplikasi Media Sosial (Instagram Dan Tiktok). Dedikasi PKM, 4(1), 69-74.

Riana, A., & Nursyamsi, N. (2023). Peranan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Di Tengah Pandemi Covid 19 Studi Kasus Pada Cafe Teras Belad Sangatta. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi), (6), 726-733.

Simamora, E. N., & Aruan, R. V. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK MELALUI ONLINE (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA DISTRO TOKO ONLINE “BAHAN OKE MEDAN” DI APLIKASI TOKOPEDIA). JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 6(2), 115-119.

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Sidik, A. J., Miswandra, M., Sachro, S., Waryanto, H., Maulana, J., Martono, M., & Siahaan, M. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Ikan Cupang Hias Untuk Membangun Minat Beli Melalui Sosial Media Tiktok. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 542–546. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/39168