Analisis Strategi Pemasaran Ikan Cupang Hias Untuk Membangun Minat Beli Melalui Sosial Media Tiktok
Keywords:
Strategi Pemasaran, Minat Beli, Komunikasi, Tiktok, PromosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Online (Digital Marketing) Guna Menciptakan Minat Beli Ikan Hias Cupang Dewi Betta Fish . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Strategi pemasaran online yang dilakukan Dewi Betta Fish adalah menggunakan media sosial melalui Titok dan WhatsApp dengan memanfaatkan fitur live streaming tiktok. (2) Peran strategi pemasaran online dalam meningkatkan penjualan ikan hias cupang dan membangun personal branding agar usaha yang dijalankan terus berkembang dan dikenal masyarakat luas. Selain itu penggunaan sosial media juga dapat terus di kembangkan seiring berjalannya waktu dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut sehingga dapat menarik minat beli konsumen baru.
References
Agnes, Z. Yonatan. Menilik Jumlah Pengguna Media Sosial 2013-2023. (1) https://data.goodstats.id/statistic/menilik-jumlah-pengguna-media-sosial-2013-2023.
Bagaskara, W. G., & Anasrulloh, M. (2023). STRATEGI PEMASARAN ONLINE (DIGITAL MARKETING) GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN HIAS CUPANG DI SUMDE CUPANG TULUNGAGUNG. Jurnal Economina, 2(7), 1653-1665.
Data Pengguna 2024. Statistik Media Sosial Global. https://datareportal.com/social-media-users
Fauzi, S. M., & Wahyuddin, M. I. (2022). Penerapan Rapid Application Development (RAD) Dalam Pengembangan Aplikasi Penjualan Ikan Cupang Hias Berbasis Web. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(2), 751-759.
Pitaloka, Filia Aurel, and Zon Vanel. "Integrated Marketing Communications Lignum Coffee Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan." Jurnal Pustaka Komunikasi 6.2 (2023): 218-231.
Putra, E. Y., Adeline, A., Erika, E., Lestari, M., & Ching, W. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Warung Makan Indramayu Melalui Aplikasi Media Sosial (Instagram Dan Tiktok). Dedikasi PKM, 4(1), 69-74.
Riana, A., & Nursyamsi, N. (2023). Peranan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Di Tengah Pandemi Covid 19 Studi Kasus Pada Cafe Teras Belad Sangatta. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi), (6), 726-733.
Simamora, E. N., & Aruan, R. V. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK MELALUI ONLINE (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA DISTRO TOKO ONLINE “BAHAN OKE MEDAN” DI APLIKASI TOKOPEDIA). JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 6(2), 115-119.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.