Dampak Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Pertanian melalui Marketplace
Keywords:
Social Media Marketing, Content Creation, Connecting, Community Building, Keputusan PembelianAbstract
Tanduria.co menggunakan berbagai media sosial untuk melakukan pemasaran. Awalnya penjualan Tanduria.co kurang memuaskan saat pertama menjual produknya, namun penjualan Tanduria.co mulai meningkat ketika konten yang selama ini diberikan mulai variatif. Hal ini sangat menguntungkan bagi Tanduria.co karena dapat membuka jalan untuk kedepannya dan menjalankan indikator Social Media Marketing lain yaitu, Connecting dan Community Buiding. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Content Creation, Connecting, Community Building terhadap Keputusan Pembelian Produk baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan metode survei dalam pengumpulan datanya dengan kuesioner online kepada pembeli produk Tanduria.co Kota Malang melalui Marketplace. Hasil yang didapatkan secara simultan F hitung lebih besar daripada F tabel, dapat disimpulkan Variabel Content Creation, Connecting dan Community Building berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil analisis regresi secara parsial didapatkan nilai t hitung lebih besar daripada t tabel, ini menunjukkan Content Creation dan Community Building berpengaruh signifikan. Sedangkan hasil analisis regresi secara parsial didapatkan nilai t hitung lebih kecil daripada t tabel, ini menunjukkan variabel Connecting tidak signifikan.
References
Alma, Buchari. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Alsubagh, Helal. (2015). The Impact of Social Networks on Consumers Behaviours. International Journal of Business and Social Science, Vol. 6, 209-216.
Andini, Maya. et al. (2021). Urban Farming During the Pandemic and Its Effect on Everyday Life. International Journal of Built Environment and Scientific Research, 5(1), 51-62.
Arief Giri Maulana. (2015). Pengaruh Social Media Marketing melalui Instagram terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. e-Proceeding of Management, 2(3), 2581-2587.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahtar, Azlin and Mazzini Muda. (2016). The Impact of User Generated Content (UGC) on Products Reviews towards Online Purchasing-A Conceptual Framwork. Procedia Economics and Finance, 37, 337-342.
Chang, Chen. (2016). The Influence of Social Power in Online Purchase Decision. British Journal of Applied Science and Technology, 12(5), 1-16.
Darmawan, Deni. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Rosda.
Dharmmesta, Basu S dan Hani. T. H. (2014). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PBFE.
Fauzi Dh, Achmad. (2017). Pemasaran Internasional : Pengantar, Teori, dan Konsep. Malang: Empatdua.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunelius, Susan. (2011). 30 Minute Social Media Marketing. United States of America: McGraw Hill.
Hardey, Mariann. (2011). Generation C Content Creations, Connection and Choice. International Jurnal of Market Research, Vol. 53 No.6, 2-10.
Iblasi, Walid Nabil. et al. (2016). The Impact of Social Media as a Marketing Tool on Purchasing Decisions (Case Study on Samsung For Electrican Home Appliances). International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), 4(1), 14-28.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Diterjemahkan oleh : Bob Sabran (Vol. 2). Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin. L. K. (2009a). Manajemen Pemasaran Diterjemahkan oleh : Bob Sabran (13 ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.
Kotler, Phillip dan Kevin. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran (12 ed., Vol. 1&2). Jakarta: PT. Indeks.
Lamb, Charles. et al. (2000). Pemasaran Diterjemahkan oleh : David Octarevia (Vol. 1). Jakarta: Erlangga.
Lupioadi, Rambat dan Ridho B. (2015). Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta: Salemba.
Narbuko, Cholid dan Abu A. (2007). Metode Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.
Noviansyah, Nadhir. et al. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian dengan Buying Interest sebagai variabel Intervening pada Konsumen Kripik Cidas 999 Food. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 10(2), 87-102.
Prasetyo, Adhi dan Syarfina E. Z. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Pada Brand Image Terhadap Purchase Intention Produk Kosmetik Sariayu Martha Tilaar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(3), 663-677.
Putri, Citra S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cheri Melalui Minat Beli. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(5), 595-603.
Rossiter, John R and Steven B. (2005). Marketing Communications : Theory and Applications. Australia: Australia : Pearson Prentice Hall.
Sarwono, Jonathan dan Herlina B. (2012). Statistik Terapan Aplikasi untuk Riset Skripsi, Tesis, dan Disertasi menggunakan SPSS, AMOS dan Excel. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Schiffman, Leon and Leslie. L. K. (2007). Consumer Behavior. United States: Pearson Prentice Hall.
Setiadi, Nugroho J. (2003). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bogor: Kencana.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, Ujang. (2014). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Teressa Adriana. et al. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Scarlett-Whitening Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (JUMMA), 11(1), 21-29.
Weinberg, Tamar. (2009). The New Community Rules : Marketing on the Social Web. California: O’ Reillay.
Zanjabila, Ridwan dan Rahmad H. (2017). Analisis Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Bandung Techno Park (Studi Pada Pelanggan Bandung Techno Park 2017). e-Proceeding of Applied Science : Vol.3, No.2 Agustus 2017, 3, 369-375.
Zimmerman, Dan and Doug S. (2010). Social Media Marketing All in One for Dummies. New Jersey: Wiley Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.