Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Gojek di Universitas Pamulang
Keywords:
Promosi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna, Aplikasi GojekAbstract
Penelitian ini menginvestigasi dampak promosi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Gojek di lingkungan Universitas Pamulang. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan data primer dari 51 responden mahasiswa melalui kuesioner, serta data sekunder dari penelitian sebelumnya dan literatur terkait. Dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan memperhatikan uji validitas, realibilitas, uji normalitas data, multikolinearitas, heteroskedastisitas, persamaan regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F, dan uji T agar mendapatkan kesimpulan yang mendalam. Analisis menunjukkan bahwa promosi (X1) dan kualitas layanan (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Gojek di lingkungan Universitas Pamulang
References
Ade Syarif Maulana. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Toi. Jurnal: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul Jakarta, Volume 7, Nomor 2, Hlm.117.
Agustin, K., & Komalasari, E. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Di Rattan Handmade Pekanbaru. Jurnal Valuta, 6(2).
Dzikra, F. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil Ud. Sari Motor Di Pekanbaru. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 11(3), 262-267.
Anang Firmansyah dan Didin Fatihudin. (2019). Pemasaran Jasa: (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan), Yogyakarta, CV Budi Utama.
Armstrong, G., & Kotler, P. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. (A. Sindoro & B. Molan, Trans.). Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Mahaputra, M. R. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Penyedia Jasa Transportasi Online di Kota Tangerang Selatan (Studi Kasus: PT. Gojek Indonesia). Jurnal Universitas Mercu Buana, 1(1), 25-36.
Nugroho, N. A., & Dirgantara, I. M. B. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE, DAN PERCEIVED PRICE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP REPURCHASE INTENTION (STUDI PADA DOLKOPI DI TEMBALANG). Diponegoro Journal of Management, 11(1).
Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta
Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(1), 70–90. https://doi.org/10.52353/ama.v10i1.147
Rizkiyan, A., Hidayati, N., & Farida, E. (2022). The Role of Purchase Decisions in Mediation the Influence of Price Perception, Convenience and Promotion on Consumer Satisfaction (Study Case for Shopee Users in Malang City). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2).
Snyder, H. (2019). Literature Review as a Research Methodology: An Overview and Guidelines. Journal of Business Research, 104, 333-339.
Sudirman, I. M. S. A. S., & Suasana, I. G. A. K. G. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Online Terhadap Kepuasan, Komitmen, Dan Loyalitas Nasabah Internet Banking di Kota Denpasar. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(4), 473 - 488.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suryati, L. (2019). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi dalam Meningkatkan. Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.
PDDikti - Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. (2024, April 22) Data Perguruan Tinggi. https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/MkU2MjlCMTUtOTBCMC00MDAxLTk1RDAtMDI2QTMwQzhEODE0
Universitas Pamulang. (2024, April 22) Sejarah Universitas Pamulang. https://unpam.ac.id/sejarah/?d=1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.