Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Mutiara Multifinance Pamulang

Authors

  • Neuneu Nurcahyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Mada Faisal Akbar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Mutiara Multifinance Pamulang. Metode dalam penelitian ini menggunakan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis data primer dan sekunder. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada PT Mutiara Multifinance berjumlah 887 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan rumus slovin diperoleh sebanyak 90 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y= 3,998+0,895X1, nilai korelasi sebesar 0,876 artinya variabel mempunyai tingkat hubungan sangat kuat dengan nilai koefisien determinasi sebesar 76,7% dan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau (17,029 > 1,987). Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y= 3,331+0,903X2, nilai korelasi sebesar 0,908 artinya variabel mempunyai tingkat hubungan sangat kuat dengan nilai koefisien determinasi sebesar 76% dan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau (16,674 > 1,987). Harga dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 1,017+0,497X1+0,473X2. . Uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (203,414 > 3,10). Nilai kolerasi sebesar 0,908 artinya kedua variabel mempunyai tingkat hubungan sangat kuat dengan nilai koefisien determinasi sebesar 82,4% sedangkan sisanya sebesar 17,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.

References

Andalusi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Instrumen Penunjang Laboratorium. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 1(2), 305-322.

Aulia, M., & Hidayat, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(5).

Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37-44.n

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171-180.

Guspul, A., & Ahmad, A. (2014). Kualitas pelayanan, kepuasan dan kepercayaan nasabah pada koperasi jasa keuangan syariah di wonosobo. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 1(3), 156-170.

Hariyanto, O. I., & Rukmandiana, J. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan dan dampaknya terhadap kepuasan pengunjung. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 101.

Kotler, Philip And Kevin Lane Keller, 2012. Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published

Mabel, Y., & Afandi, Y. (2024). Pengaruh Citra Perusahaan, Promosi Online Berbasis Media Sosial Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Studi Kasus Pada Nasabah PT. Bank Papua Yang Di Kota Malang. Jurnal Rumpun Manajemen dan Ekonomi, 1(1), 196-206.

Maryunizah, D., & Yanuarti, A. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen Bimbingan Belajar Genius. Secad, 3(2), 74-80.

Na’im, Z. (2021). manajemen pendidikan islam. Bandung : Widina Bhakti Persada Nasution. M. Amri. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Dyza Sejahtera

Nurhalimah, S., Hasiholan, L. B., & Harini, C. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Garasi Di Ungaran). Journal of Management. 4(4).

Pawitan, G., & Silaban, N. R. U. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di Koperasi Simpan Pinjam Rentha Jaya Purwakarta. Jurnal Administrasi Bisnis.

Pratiwi, A. P., & Ridwan, H. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1, 383–3

Prilano, K., Sunyoto, A., & Fajrillah, F. (2020). Pengaruh harga, keamanan dan promosi terhadap keputusan pembelian toko online lazada.Journal of Business and Economics Research (JBE),1(1), 1-10.

Sari, Rini Kartika, Diah Yulisetiarini, and Sudaryanto Sudaryanto. (2016)."Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan serta Kualitas Produk terhadap Minat Pembelian Ulang dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping pada Mahasiswa Universitas Abdurachman Saleh Situbondo." Bisma 10.2,115-126

Sigit, K. N., & Kurniawan, D. D. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas NasabahKoperasi Simpan Pinjam Mitra Karya Desa Karanggeneng Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Jurnal Ekonomik a dan Bisnis, 9(1), 85-96.

Sigit, K. N., Rizal, M. S., & Hidayati, A. (2020). Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Ekonomika dan Bisnis, 7(1), 9-17.

Sudarsono, A., Ariyanto, A., & Akbar, M. F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Volume Penjualan. Sumber, 145(99.785), 69.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, kulitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sukmawati, I., & Massie, J. D. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).

Tjiptono, F. (2020). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan.Yogyakarta: Andi Tjiptono.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Nurcahyani, N., & Akbar, M. F. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Mutiara Multifinance Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 23053–23060. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/43277