Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Manajemen Pengguna Jasa Transportasi Online Aplikasi Grab

Authors

  • Siti Ulfah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Zakaria Zakaria Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada mahasiswa Universitas Pamulang pengguna jasa transportasi online aplikasi Grab. Papulasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Pamulang, papulasi berjumlah 583 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 85 orang responden. Metode penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t parsial dan uji F simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya, menunjukkan bahwa semua variabel yang diuji valid dan dapat diandalkan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa citra merek dan kualitas pelayanan memiliki hubungan yang kuat dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai koefisien korelasi baik. Uji t dan uji F menunjukkan bahwa kedua variabel independen secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 1,204 + 0,566X1 + 0,443X2, dengan koefisien determinasi sebesar 69,2% dan sisanya sebesar 30,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti, yang menunjukkan bahwa variasi dalam kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh citra merek dan kualitas pelayanan. Hasil penelitian ini konsisten dengan hipotesis penelitian sebelumnya.

References

Aan Purnama, Widowati, Laila Listiani Putri. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Lines Coffee Di Ciputat Tangerang Selata” Universitas Pamulang.Jurnal ARASTIRMA.

Christian Barito Simaremare, Hery Pudjoprastyono. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Grab DiSidoarjo.” Universitas Pembangunan Nasional.

Firmasjah Muhammad “Laporan Akhir Magang & Studi Independen Bersertifikat GrabMart Ad-hoc Competitive Intelligence Project Di PT. Grab Teknologi Indonesia” Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian Institut Teknologi Sepuluh Nopember (2023)

Florentina Claresta, Tony Sitinjak, 2022. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Grab Dijakarta Utara” Program Studi Magister Manajemen, Institut Bisnis Dan Informatika.

Keller, K. L. (2020). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Penerbit: Gramedia.com.

Keller, Kevin Lane. "Managing the Growth Tradeoff: Challenges and Opportunities in Luxury Branding." Journal of Brand Management, 2020

Kotler dan Amstrong. (2017). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13, jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing Management (16th ed.).

Kotler, Philip., & Kevin Lane Keller. (2016). E-book Marketing Manjement.Jakarta: PT. Indeks.

Miguna Astuti, Agni Rizkita Amanda. (2020). Pengantar Manajemen Pemesaran. Deepublish: Yogyakarta.

Saepul Amri. Hafizin Eviva Pariantin. dkk. (2022) (Pengantar Ilmu Manajemen) Nusa Tenggara Barat.

Service, Quality, and Satisfaction" oleh Fandy Tjiptono (2023): Review Buku: Service, Quality dan Satisfaction oleh Fandy Tjiptono - Belbuk.com.

Steffany Revina Wulandari, Ari Susanti. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Grab.” Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Jurnal Manajemen Dan Bisnis.

Sugiono. (Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D). (2022) alfabet Bandung.

Suhardi, Supriadi, Rusdi Raprayogha, dkk. 2022. Pengantar Ilmu Manajemen (Teori dan Inplementasi). Kab Serang Banten.

Sunyoto, Danang. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service)

Tjiptono , Fandy. (2023). Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta: Andi

Triyadi, Rizka Wahyuni Amelia2, Abdul Khoir. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Danamon Tbk Cabang Bintaro, Universitas Pamulang Jurnal Ekonomi Efektif

Wichak Uchiara, Gandes Nurindah Sari, Djuliati, Sugiyanto. 2021. “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Global Jet Express Cabang Sawangan, Depok” Universitas Pamulang. Artikel Jrnal HUMANIS.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Ulfah, S., & Zakaria, Z. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Manajemen Pengguna Jasa Transportasi Online Aplikasi Grab. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22955–22963. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/43222