Identifikasi Kepuasan Pelangan Cafe Rebuplic
Keywords:
Kepuasanpelanggan, Konfirmasiharapan, Loyalitas pelanggan, Minat pembelian ulang, Cafe RepublikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan Cafe Republic di Serpong, Tangsel.Studi ini berfokus pada lima indikator utama: Metode yang digunakan adalah metode survei kuantitatif dan deskriptif dengan melibatkan 100 responden rata-rata berusia antara 20 hingga 30 tahun yang pernah mengunjungi kafe minimal satu kali.Teknik purposive sampling digunakan pada saat pengumpulan data untuk memastikan bahwa responden memiliki pengalaman yang cukup dalam layanan Cafe. Penelitian menunjukkan bahwa validasi pelanggan secara keseluruhan dan konfirmasi ekspektasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Kepuasan ini meningkatkan minat dan kesediaan pembeli berulang untuk merekomendasikan Cafe republic , yang merupakan indikator kuat loyalitas pelanggan.Di sisi lain, ketidakpuasan pelanggan berdampak negatif terhadap loyalitas, menunjukkan bahwa pengalaman buruk dapat mempengaruhi persepsi pelanggan secara keseluruhan dan mengurangi rekomendasi.
Hasil ini memberikan wawasan penting bagi manajemen Cafe Republik untuk menyusun strategi inovatif guna meningkatkan kualitas dan suasana layanan serta memenuhi harapan pelanggan.Singkatnya, kepuasan pelanggan tidak hanya meningkatkan niat pembelian berulang, namun juga mendukung promosi dari mulut ke mulut, yang penting untuk menjaga loyalitas di pasar yang semakin banyak
References
Bitner, M. J. (1992). Servicescapes: The Impact of Physical Surroundings on Customers and Employees. Journal of Marketing, 56(2), 57-71.
Oliver, R. L. (1999). Whence Customer Loyalty? Journal of Marketing, 63, 33-44.
Tjipnoto, Fandy. 2013. Strategi Pemasaran. Edisi 3. ANDI: Yogyakarta Tjipnoto, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.
Tjiptono (2004 : 107) Tjiptono, F. (2004). Strategi Pemasaran. Edisi 2. Andi Offset, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. ANDI: Yogyakarta. Utami, Christina Widya. 2012. Manajemen Ritel, edisi 2. Salemba Empat: Jakart
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1996). The Behavioral Consequences of Service Quality. Journal of Marketing, 60(2), 31-46
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.