Identifikasi Kepuasan Pelangan Cafe Rebuplic

Authors

  • Afif Muhammad Dzaki Universitas Pamulang
  • Ariyanto Ariyanto Universitas Pamulang
  • Rayi Nurul Ismayanti Universitas Pamulang
  • Agrasadya Agrasadya Universitas Pamulang

Keywords:

Kepuasanpelanggan, Konfirmasiharapan, Loyalitas pelanggan, Minat pembelian ulang, Cafe Republik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan Cafe Republic di  Serpong, Tangsel.Studi ini berfokus pada lima indikator utama: Metode yang digunakan adalah metode survei kuantitatif dan deskriptif  dengan  melibatkan 100 responden rata-rata berusia antara 20 hingga 30 tahun yang pernah mengunjungi kafe minimal satu kali.Teknik purposive sampling digunakan pada saat pengumpulan data untuk memastikan bahwa responden memiliki pengalaman yang cukup dalam layanan Cafe. Penelitian menunjukkan bahwa validasi pelanggan secara keseluruhan dan konfirmasi ekspektasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap  kepuasan pelanggan.

                Kepuasan ini  meningkatkan minat dan kesediaan pembeli berulang untuk merekomendasikan Cafe republic , yang merupakan indikator kuat loyalitas pelanggan.Di sisi lain, ketidakpuasan pelanggan berdampak negatif terhadap loyalitas, menunjukkan bahwa pengalaman buruk dapat mempengaruhi persepsi pelanggan secara keseluruhan dan mengurangi rekomendasi.

                Hasil ini memberikan wawasan penting bagi manajemen Cafe Republik untuk menyusun strategi inovatif guna meningkatkan kualitas dan suasana layanan serta memenuhi harapan pelanggan.Singkatnya, kepuasan pelanggan tidak hanya meningkatkan niat pembelian berulang, namun juga mendukung promosi dari mulut ke mulut, yang  penting untuk menjaga loyalitas di pasar yang semakin banyak

References

Bitner, M. J. (1992). Servicescapes: The Impact of Physical Surroundings on Customers and Employees. Journal of Marketing, 56(2), 57-71.

Oliver, R. L. (1999). Whence Customer Loyalty? Journal of Marketing, 63, 33-44.

Tjipnoto, Fandy. 2013. Strategi Pemasaran. Edisi 3. ANDI: Yogyakarta Tjipnoto, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.

Tjiptono (2004 : 107) Tjiptono, F. (2004). Strategi Pemasaran. Edisi 2. Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. ANDI: Yogyakarta. Utami, Christina Widya. 2012. Manajemen Ritel, edisi 2. Salemba Empat: Jakart

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1996). The Behavioral Consequences of Service Quality. Journal of Marketing, 60(2), 31-46

Downloads

Published

2023-01-29

How to Cite

Dzaki, A. M., Ariyanto, A., Ismayanti, R. N., & Agrasadya, A. (2023). Identifikasi Kepuasan Pelangan Cafe Rebuplic. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 2(1), 257–263. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45431