Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda (Studi pada PT. Mitra Gemilang Otista di Gerendeng Kota Tangerang)
Keywords:
Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di PT. Mitra Gemilang Otista Gerendeng kota Tangerang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode kusioner, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Honda Mitra Gemilang Otista yaitu sebanyak 1,234 orang konsumen, jumlah sampel 93 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda menggunakan alat bantu SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara Promosi dan kualitas pelayanan terhadap Keputusan Pembelian sepeda motor merek Honda di PT. Mitra Gemilang Otista Gerendeng kota Tangerang baik secara parsial maupun simultan.References
Aditi, B., & Hermansyur, H. (2018). Pengaruh atribut produk, kualitas produk dan promosi, terhadap keputusan pembelian mobil merek honda di Kota Medan. urnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 64-72.
Agrasadya, & Reza, F. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Dan Kualitas Pelayanan . Jurnal Ekonomi Efektif, 1 (2), 9-22.
Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), , 254-268.
Arianto, N., Asmalah, L., & Rahmat , F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Pengguna Mas Cleaner. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5 (2), 194-203.
Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.
Carsana, Y., & Kevin, D. (2020). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Di Pt.Arista Suskes Abadi Tanjung Pinang. Jurnal manajerial dan Bisnis Tanjung pinang, 3(1), 1-13.
Effendy, A. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 1(1), 66-82.
Erlangga, H., Nurjaya, N., Sunarsi, D., Mas' adi, M., & Jasmani, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI,1(4), 464-472.
Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 194-211.
Fadilah, N., & Hidayati, D. (2017). Manajemen Pemasaran Produk Kakao Kebun Banjarsari Ptp XII Jember. Neo-Bis, 11(1), 88-102.
Fahrevi, S., & Satrio, B. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Online di Shopee. co. id. urnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), (7)3, 2-15.
Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan . Jurnal Islamic Education Manajemen, 4 (2), 209-220.
Fauzi, A., Sarlo, K., Kenny, Hutagaol, J., & Samvara, M. (2019). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Pembelian Tiket Pesawat Garuda pada PT. Hamsa Tour and Travel (Studi kasus Pada Pembelian Tiket Medan- Jakarta). Jesya : Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah 2(2), 378-391.
Fildzah, A., & Mayangsari, I. (2018). Analisis Strategi Promosi pada UMKM Social Enterprise (Studi Kasus Pascorner Cafe and Gallery). Jurnal komunikasi, 12(2), 101-112.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kedelapan. Semarang: Universitas Dipoegoro.
Hermawan, H, B. E., & Hamzah, F. (2018). Pengantar Manajemen Hospitality. Pekalongan: Nasya Expanding Management (NEM).
Hidayat, C., & Setiawati, C. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bhinneka.Com. e-Proceeding of Management, 8(4), 3397-3405.
Iqbal, M., & Kadir, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Merchant Go Food Festival Duta Mall Banjarmasin . Jieb : Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis (5) 1, 227 - 237 .
Jumini, I., & Realize, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Transportasi Bus Trans Batam. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 8(1), 85-94.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kumalasari, N. (2016). Perencanaan Strategi Promosi Melalui Analisis Swot Pada Bisnis Delicy. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, (1), 2,, 225-234.
Munir, M. (2018). Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 79-94.
Musak, R., Sumampouw, H., & Tampi, J. (2016). Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Sepeda Motor Honda Beat Pada PT Daya Adicipta Wisesa Di Maumbi Minahasa Utara. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 4(4), 1-8.
Na’im, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Naufal, A., & Magnadi, R. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rahma Rahmi Collection). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 197-205.
Novitasari, P., & Hamta, F. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sosialisasi Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak (Studi Kasus PBB-P2 Unit Pelayanan Teknis Dinas Pendapatan Daerah Kota Batam). . Jurnal EQUILIBIRIA, 4(1)., 1-42.
Nugroho, D. (2017). Pengantar Manajemen untuk Organisasi Bisnis, Publik dan Nirlaba. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Priansa, D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pusaka Setia.
Putri Siregar, I., & Natalia, E. (2018). Pengaruh Merek Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dvd Player Elecor Pada Pt. Cakrawala Elecorindo Medan. NIAGAWAN, 7 (2), 80-89.
Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh persepsi bagi hasil, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat penggunaan jasa perbankan syariah tabungan mudharabah pada mahasiswa universitas potensi utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.
Ritonga, M., Irawan, & El Fikri, M. (2017). Faktor Manajemen Biaya Dan Manajemen Pemasaran Terhadap Pendapatan Melalui Intensitas Produksi Pada Ukmindustri Rumahan Di Kota BinjaI. Jurnal Manajemen Tools, 68-78.
Rohman, A. (2017). Dasar-dasar Manajemen. Malang: Inteligensia Media.
Rosmayati, I., Hanifah, H., & Budiman, A. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Kopi pada Mahkota Java Coffee Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 19(3),, 186-191.
Sanjaya, S. (2017). Pengaruh promosi dan merek terhadap keputusan pembelian pada pt. Sinar sosro medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 108-122.
Santoso, S. (2015). Mahir Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sasongko, F., & Khasanah, I. (2022). Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian PC Tablet iPad (Studi Pada Konsumen iPad di Semarang. In Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM), 1(1), 283-300.
Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. In Proceedings (Vol. 1, No. 1)., 343-347.
Sholihin, M. (2019). Strategi Pemasaran Oleh Pengusaha Perempuan di Kabupaten Jember. ASSET: Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan dan Pajak, 3(1), 13-23.
Sihite, R., & Nainggolan, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Alfamart Marchelia Batam. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 35-41.
Sjawal, B., Mananeke, L., & Jorie, R. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Kafe (Studi Kasus Pada Konsumen Blen. Co Café Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(3), 379-388.
Sofyan, S. (2017). Pengaruh Periklanan, Sales Promotion, Personal Selling Dan Publicity Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aksesoris Mobil (Studi Kasus Kilat Service Medan). Jurnal Ilmiah SMART, 1(1), 48-52.
Solihin, D. (2019), Pengaruh Current Ratio dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Kalbe Farma, Tbk. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 7 (1), 115-122.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri. 4 (1), 38 – 51.
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3), 30-36.
Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847.
Solihin, D., Ahyani, A., & Susanto, N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Promosi Online Untuk Memperluas Pemasaran Produk Bagi Pac Gerakan Pemuda Ansor Di Kecamatan Pagedangan Tangerang. DEDIKASI PKM, 3(2), 239-243. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20191
Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., Octaviani, I.R. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM. 2(3). 307-311.
Solihin, D., Eka, P., Suwanto, S., Kurniawan, P., & Susanto, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pemasaran Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Warga Desa Cicalengka. DEDIKASI PKM, 3(1), 101-105. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14614
Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). 351–355.
Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7.
Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Jember: Pustaka Abadi.
Sugiyanto, & Haryoko, U. (2020). Manajemen Pemasaran. Tangerang Selatan: Yayasan Pendidikan dan Sosial. (YPSIM).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Edisi Kedua : Cetakan Ke-3. Bandung: Alfabeta.
Suhandi, S., Hanafiah, H., & Harsono, P. (2020). Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Keripik Talas Beneng Khas Kabupaten Pandeglang. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 10(2), 143-152.
Sumarni, S., Nadhifah, N., & Susilawati, S. (2021). Analisis Bauran Pemasaran terhadap Tingkat Volume Penjualan pada Dealer Bonanza Motor. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 36-43.
Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1), 7-13.
Syaifullah, S., & Mira, M. (2018). Penpengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Pegadaian (Persero) Batam. . JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 6(2) , 86-91.
Tores, R. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Alfa Studio Sekayu. Jurnal Manajemen Kompeten, 3(1), 52-65.
Yulianti, f., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deeppublish